Cute Blue Pencil

BARCODE


Barcode atau barcode adalah suatu kumpulan data optik yang mewakili data atau informasi tertentu. Biasanya informasi barcode mengenai jenis dan harga barang. Kode barcode yang berbentuk batangan dan berwarna hitam putih ini mengandung kumpulan kombinasi batang dengan ukuran batang yang berbeda dan disusun dengan sedemikian rupa. Awalnya, penggunaan barcode adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan transaksi di swalayan. barcode dicetak di atas stiker atau pada bungkusan barang. Kode tersebut akan dapat di baca dengan menggunakan barcode Reader yang berfungsi menerjemahkan kode barcode ke dalam data atau informasi yang memiliki arti.

SEJARAH BARCODE

Pada 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang pada perusahaan retail. Awalnya, teknologi Barcode berada di bawah kendali perusahaan retail. Lalu, teknologi batang atau barcode diikuti oleh perusahaan industri. Setelah itu pada 1948, seorang pemilik toko makanan lokal meminta Drexel Intitute Technology di Philadelphia, untuk membuat sistem pembacaan informasi produk secara otomatis.

Setelah itu, Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver, lulusan Drexel patent application, bergabung ubtuk mencari solusi tentang sistem pembacaan informasi produk secara otomatis. Woodland mengusulkan penggunaan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet pada sistem pembacaan otomatis, tapi usul tersebut ditolak karena tidak stabil dan mahal.

Kemudian, pada 20 Oktober 1949, Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe sistem pembacaan informasi otomatis yang lebih baik. Akhirnya, pada 7 Oktober 1952, Woodland dan Silver mendapatkan hak paten dari hasil penelitian yang mereka lakukan. Untuk pertama kalinya, barcode digunakan secara komersial pada 1970 saat Logicon Inc. membuat Universal Grocery Product Identification Standard (UGPIC).

Sementara, perusahaan pertama yang memproduksi barcode atau barcode untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Sementara, pemakaian pertama kali barcode untuk dunia industry digunakan oleh Plessey Telecommunications. Selain itu, dibentuk sebuah komite dalam grocery industry untuk memilih kode standar yang akan digunakan di Industri.

FUNGSI BARCODE

Barcode sudah menjadi bagian penting dalam peradaban modern sekarang ini. Berikut ini manfaat pengunaan barcode: 
  • Menggunakan sistem barcode dapat meningkatkan akurasi dengan mengurangi risiko kesalahan yang dilakukan manusia dari proses pemasukan data secara manual.
  • barcode sangat mudah digunakan. Dengan menggunakan hardware dan software yang tepat, penggunaan barcode dapat memaksimalkan proses pengumpulan data secara otomatis. Dan tentunya, akan lebih mudah membuat inventarisasi secara akurat dengan menggunakan sistem barcode daripada secara manual.
  • Beragam standar pemenuhan berdasarkan sistem barcode yang terstandarisasi, menjamin informasi diterima dan disampaikan dengan cara yang benar sehingga dapat diterima dan dipahami secara umum.
  • Sistem barcode menawarkan feedback yang tepat waktu. Begitu sistem barcode digunakan, data dapat diterima dengan cepat. Hal ini pun memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat berdasarkan informasi terbaru.
  • Sistem barcode membuat aktivitas operasional dalam bisnis menjadi lebih singkat. Terbayang jika seorang kasir memasukkan harga barang secara manual.
  • Sistem barcode dapat meningkatkan efisiensi operasional sehingga memungkinkan sebuah perusahaan dapat mengemat biaya dan dapat meningkatkan keuntungan bisnis yang dijalani.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

If you're looking to lose kilograms then you need to start using this totally brand new tailor-made keto diet.

To create this service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks united to produce keto meal plans that are useful, convenient, price-efficient, and enjoyable.

Since their launch in early 2019, 1000's of individuals have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a certified keto diet can provide.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto diet.

Posting Komentar