A.
CASE
BACKGROUND
Dunia
usaha, baik produksi maupun jasa selalu dihadapkan dengan persaingan. Untuk
mengatasi persaingan, perusahaan menempuh berbagai cara dan strategi untuk
menyampaikan hasil produksinya dengan cepat, tepat, cermat, hemat dan memuaskan
ke tangan konsumen. Strategi pemasaran juga disesuaikan dengan kemampuan dana
perusahaan melalui bauran pemasaran yaitu faktor produk, harga, distribusi dan
promosi. Kegiatan pemasaran harus dilakukan sesuai dengan tujuan perusahaan
memperoleh keuntungan yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi yang terarah,
terncana dan terpadu. Kegiatan promosi harus sejalan dengan rencana pemasaran
yang diarahkan dan dikendalikan untuk mengembangkan laju perusahaan.
Kebutuhan-kebutuhan
yang muncul, seperti kebutuhan konsumsi yang semakin tinggi dikarenakan
keterbatasan waktu untuk keluarga tersebut tetap dapat dipenuhi karena pada
saat ini bisa dipenuhi dengan cara instan. Hal ini secara tidak langsung
mempengaruhi gaya atau cara konsumsi dari suatu keluarga khususnya dan
masyarakat luas pada umumnya. Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata
berdampak positif terhadap industri makanan instan,seperti halnya PT.Indofood
Sukses Makmur yang bergerak di bidang usaha industri pengolahan makanan yang
hampir seluruh produknya menguasai pasar di Indonesia,Indofood telah berubah menjadi Pangan Solusi. Indofood terkenal sebagai perusahaan mapan dan
pemain utama dalam setiap kategori bisnis yang beroperasi. Dalam kegiatan
usahanya, Indofood memanfaatkan model bisnis yang tangguh.
Saat
ini,perkembangan produk-produk dari Indofood
mengalami suatu peningkatan yang cukup pesat. Secara
kuantitas,produk Indofood dari tahun ke tahun
mengalami kenaikan dengan tren yang positif.
PT.
Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis
bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan
kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan
senantiasa berubah.
Keunggulan dari
PT.Indofood hingga ia bisa berkembang pesat yang pertama yaitu memiliki tim
yang terdiri dari orang-orang berdedikasi, terampil, dan termotivasi di segenap
jajaran. Kedua, Perencanaan yang baik dan kerja sama yang erat dengan para
pemasok, konsumen, dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik
ke tempat-tempat penjualan. Ketiga, PT.Indofood
sukses makmur tbk sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga
distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani. Keempat,
Produk-produk Indofood terus berkembang(inovasi-inovasi baru misalnya dalam mi
instant terus dikembangkan berbagai macam rasa agar konsumen tidak mengalami
kejenuhan.
Dan kelima, Harga dari produknya juga cukup terjangkau.
B.
OVERVIEW/PUSTAKA
I.DISTRIBUSI
Indofood’s Distribusi Group memiliki jaringan
distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut
nusantara. Selain produk-produk Indofood sendiri, indoffood juga
mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga. Jumlah poin saham telah
diperluas secara agresif sejak tahun 2005, memberikan penetrasi yang lebih luas
dan lebih dalam efisien melalui rantai pasokan dan pengiriman. Stock poin
berlokasi di daerah-daerah dengan kepadatan tinggi gerai ritel, termasuk pasar
tradisional, memungkinkan masing-masing titik saham untuk melayani wilayah
geografis dekat ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin.
II. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Indofood Corporate Social Responsibility (CSR) program andalan dari
komitmen untuk membantu anggota masyarakat yang lebih luas dan untuk membuat
kontribusi yang optimal kepada masyarakat. Selama tahun 2007 Indofood secara
keseluruhan program dikembangkan dan dilaksanakan berdasarkan lima pilar dasar
jangka panjang kami CSR filosofi:
• Membangun Human Capital
• Mempertahankan Kohesi Sosial
• Memperkuat Nilai Ekonomi
• Mendorong Good Governance
• Melindungi Lingkungan
• Membangun Human Capital
• Mempertahankan Kohesi Sosial
• Memperkuat Nilai Ekonomi
• Mendorong Good Governance
• Melindungi Lingkungan
0 komentar:
Posting Komentar